9.26.2011

Membuat distro dengan linux Slax


SLAX adalah sistem operasi Live CD Linux (distro linux) berbasis Slackware. Ia tidak perlu di-instal ke hard drive; berjalan dari CD atau USB drive. Terdapat juga pilihan untuk menjalankan SLAX dari RAM. SLAX dikembangkan oleh Tomáš Matějíček dari Republik Czech menggunakan Linux Live scripts.

SLAX 6 dirilis pada tanggal 12 Februari 2008.

Salah satu fitur utama SLAX adalah kemudahan penyesuaian (customization). Perangkat lunak tambahan, seperti paket-paket Slackware, dapat ditambahkan ke CD dasar untuk menyesuaikan distribusi. Situs SLAX menawarkan repositori perangkat lunak untuk mengunduh paket (modul) dan memuat yang baru.

SLAX
menyimpan semua modul dalam file kompresi SquashFS menggunakan metode LZMA. Modul-modul ditumpuk bersama-sama untuk membangun root file system SLAX lengkap. Sebuah lapisan tambahan yang dapat ditulisi (TmpFS file system) diletakkan di atas tumpukan untuk melaksanakan fungsi menulis.

Sistem file bertumpuk yang digunakan SLAX berbeda antara versi 5 (unionfs) dan 6 (AuFS), demikian pula dengan ekstensi nama file modul (berubah dari .mo ke .lzm). Sebuah Live USB SLAX dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin.

anda dapat mendownload disini

download slax for CD

download slax for USB

download tutorial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar